Singapore Via Batam

Okay, sebetulnya sudah lama saya ingin sharing soal Travel ke singapore via batam, atau mungkin bagi yang maniak travelling bisa melanjutkannya sampai malaysia, thailand, vietnam, laos atau lebih jauh lagi. Bagi yang kepingin cobain ke china lewat jalan darat, jangan lupa ajak-ajak yah.

Awal-awal kamu harus ke batam dulu, bagi yang dari jakarta atau medan bisa ke batam naik pesawat terbang atau kapal laut pelni, tentu saja ketika high season tiket akan lebih mahal, walaupun saat ini banyak sekali tiket murah yg disediakan oleh jasa penerbangan, kalau bisa direncanakan jauh hari sebelumnya. Bagi yang kepengen santai menikmati pemandangan lautan bisa memakai jasa pelayaran nasional kita, harga tiket kelas 2A itu setara dengan harga tiket pesawat sewaktu low season.

Setibanya di batam, segera hubungi teman kamu minta jemput hehe.., bagi yang tidak punya teman dibatam kamu bisa naik taksi ke pelabuhan ferry.
  1. Naik pesawat tiba di Bandara Hang Nadim, naik taksi menuju pelabuhan international Batam centre. Rate Rp 80.000 - Rp 100.000.
  2. Naik kapal laut tiba di Sekupang, jalan kaki saja, karena letak pelabuhan internationalnya hanya bersebelahan dengan dermaga kapal, tetapi kamu harus menunjukan paspor kamu ke petugas sewaktu mau keluar dari dermaga, berikan informasi bahwa kamu hanya transit. Kadang-kadang petugasnya menyulitkan, trus banyak copet, jadi saran saya sebaiknya kamu naik pesawat saja.

Di Batam ada 3 Pelabuhan ferry international, Sekupang, Batam centre, dan Harbour bay. Biasanya saya berangkat ke singapore lewat Harbour Bay, karena lokasinya dekat dengan Nagoya, jantung kota Batam.
Adapun harga tiket ferry pulang-pergi adalah sebagai berikut :
  1. Sekupang - Rp. 210.000 tiket pp ferry Unknown
  2. Batam Centre - Rp. 200.000 tiket pp ferry Penguin, Batam fast
  3. Harbour Bay - Rp. 190.000 tiket pp ferry Wavemaster
nb : harga termasuk tax dan menurut rate mata uang singapura, jadi dapat berubah sewaktu-waktu.

Hitungan yang saya berikan adalah yang paling mentok, dan bagi pemegang PASPOR diluar daerah RIAU, diharuskan membayar uang fiskal sebesar Rp.500.000,00. Bayarnya di loket fiskal.
Free Fiskal hanya berlaku oleh pemegang PASPOR RIAU. syalala...
Setelah kamu membeli tiket dan membayar fiskal, mula-mula kamu simpan dahulu tiket pulang ferrynya, lalu kamu juga akan mendapatkan :
  • Form INDONESIA kartu kedatangan dan keberangkatan, biasanya sudah terisi sewaktu membeli tiket ferry, dipakai sewaktu kamu mau ke luar dari wilayah indonesia.
  • Form SINGAPORE yang juga sudah terisi nama dan data PASPOR kamu, disisi tengah formnya harus kamu isi sendiri, yaitu alamat tmpat tinggal, brapa lama, tanda tangan dll. ini dipakai ketika kamu tiba di singapura.
  • Tiket Ferry untuk keberangkatan kamu.
  • Kwitansi pembayaran Fiskal yang Rp.500.000.

Sewaktu di imigrasi indonesia, kamu berikan PASPOR, form INDONESIA, dan bukti FISKAL. Lalu petugasnya akan memberikan stempel di paspor kamu dan form INDONESIA-nya, tertanda tanggal keberangkatan kamu ke luar negeri, ketika ferry kamu sudah mau berangkat, berikan form INDONESIA dan tiket ferry ke petugasnya, dia akan merobek satu sisi form keberangkatan dan merobek tiketnya, Nah.. sisi form kedatangan INDONESIA harus kamu simpan sebaik-baiknya, ini akan dipakai ketika kamu kembali ke tanah air tercinta INDONESIA RAYA.. tanah tumpah darahmu.

Berangkat deh ke Singapura, oh iya.. sewaktu kamu di dalam perjalanan menuju singapura, jangan lupa untuk mengisi sisi tengah form SINGAPORE, jika kamu tinggal di hotel, tulis nama hotel kamu, jika kamu ada teman atau kerabat, tanyakan alamat mereka, lalu tulis juga brapa lama kamu mau di singapura, saran saya, JANGAN TULIS LEBIH DARI SEMINGGU, karena petugas imigrasi disana agak ketat, kamu bakalan ditanya macem-macem seperti :
1. "Brape bawa uang belanje ??"
2. "Nak buat ape lame-lame di singapo ?"
3. "Masuk office ! saye mau cek awak"

Dijamin kamu bakalan gemeteran waktu ditanya macem2, nah biasanya saya cuman tulis 2 hari, petugasnya tidak banyak tanya kecuali jika wajah kamu jelek dan mencurigakan, setelah oke petugasnya akan stempel di PASPOR kamu 'you can stay remain thirty days from date shown above', iya 1 bulan, asik kan? kecuali kalau kamu memang membawa uang banyak, minimal S$1000 , kamu boleh deh menulis lebih dari seminggu.
Lalu ada beberapa pertanyaan yang harus kamu centangin "yes" or "no", kamu baca baik-baik, kalau tidak ngerti cari di kamus, centangin "no" semua ajah, lalu tanda tangan.

Sama halnya ketika kamu berangkat dari indonesia, petugas imigrasi SINGAPORE juga akan merobek formnya, dan kamu harus menyimpan baik-baik sisanya, ini dipakai ketika kamu meninggalkan wilayah Singapura.
Bagi yang MEROKOK, hanya diperbolehkan membawa 1 bungkus rokok per/org, jika membawa lebih kamu harus declare di RED LINE for DECLARE GOODS, nah sejauh ini saya belum pernah declare, jadi saya tidak tahu biaya yang harus dikeluarkan jika kamu membawa 1 slop rokok.
JANGAN DECLARE NARKOBA ! nanti kamu pulang tinggal bawa nama.

Okeh, untuk tempat wisata atau jalan-jalan di kota singapura, kamu bisa mengecek sendiri di website, karena saya juga tidak terlalu expert soal kota singapura ini, tetapi di lain kesempatan akan saya coba buat blog untuk tempat jalan-jalan di kota singapura.

Sekian dulu, kalau ada pertanyaan langsung aja tulis di comment.

Edit * Terhitung mulai Tanggal 1 January 2009, Pemerintah Indonesia memberlakukan Free Fiskal bagi pemegang NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak).
Dengan kata lain bagi kamu-kamu semua yang telah memiliki NPWP, tidak perlu lagi membayar fiskal keberangkatan untuk keluar negeri, berlaku untuk seluruh Wilayah NKRI.

Dan bagi yang belum memiliki NPWP, biaya fiskal yang akan kamu keluarkan adalah sebesar Rp.2.000.000.

Comments

Irwan Chen said…
singapore via johor bagi pemegang paspor medan. tidak usah bayar 500k. kekeke
Robie said…
itu kalo lu perginya lewat penang, kurang lebih sih sama aja.

Jadi khusus pemegang paspor medan, bisa ke singapore lewat penang, engga kena biaya fiskal, cuman yah musti naik bus penang - singapore semaleman.

Busnya asik dan nyaman. hehe..

Popular Posts